Terungkap, Usia Ideal untuk Menjadi Wirausahawan


Liputan6.com, Jakarta Usia tidak terlalu penting dalam mengikuti passion. Mungkin Anda sering mendengar pernyataan bahwa dunia bisnis adalah dunia anak muda.

Ternyata, Dilansir dari Entrepreneur.com, Sabtu (29/9/2018), studi MIT Sloan School of Management malah menemukan usia rata-rata pendiri startup sukses saat memulai bisnis  adalah 45 tahun.

Riset yang dipimpin Profesor Pierre Azoulay membuat kesimpulan tersebut setelah melakukan studi terhadap startup 0,1 persen teratas berdasarkan pertumbuhannya dalam lima tahun terakhir. Temuan ini sangat mirip saat dibandingkan dengan sektor teknologi tinggi, pusat wirausaha, dan perusahaan-perusahaan sukses.
Memiliki pengalaman di suatu industri yang berhubungan dengan startup yang didirikan menunjukkan tingkat keberhasilan bisnis yang jauh lebih besar.

Temuan ini sekaligus menampik pandangan umum bahwa memulai di usia muda adalah kunci untuk menjadi wirausahawan sukses.
Dominasi pendiri berusia paruh baya seperti Jack Ma, Jan Koum, dan Milton Hershey saat memulai perusahaan sukses dunia merefleksikan tendensi orang-orang berusia paruh baya untuk membangun bisnis. Hal ini karena mereka yang berusia paruh baya sudah memiliki lebih banyak pengalaman.

Pandangan bahwa kaum muda menciptakan perusahaan dengan pertumbuhan tertinggi adalah bentuk penolakan akan adanya peran pengalaman terhadap menjalankan suatu bisnis. Baik karena pengalaman tidak begitu bernilai, atau karena pengalaman mengurangi kapasitas untuk ide-ide baru yang transformatif.

Riset juga tidak menemukan bukti yang menyatakan bahwa pendiri di usia 20-an lebih cenderung untuk sukses.

Malahan, hasil menunjukkan pendiri yang begitu sukses memulai bisnis mereka saat berusia paruh baya atau bahkan di atas itu.

“Di antara mereka yang mendirikan perusahaan, pengusaha yang lebih tua memiliki tingkat sukses yang lebih tinggi secara signifikan. Hasil temuan kami menyatakan performa pebisnis meningkat seiring bertambahnya usia sebelum akhirnya menurun pada akhir 50-an,” ungkap studi tersebut. (Felicia Margaretha)

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik