Bikin Kaget, NU Salurkan Rp 290 Miliar untuk Cegah dan Tangani Dampak Covid-19

Bandung, NU Online Jabar
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan sejak Maret 2020 lalu, PBNU membentuk Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 untuk menanggulangi dan dampak pandemi. Hingga kini, Satgas NU masih melakukan kerja-kerja kemanusiaan.

Menurut Pengasuh Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta ini, Satgas NU Peduli Covid-19 telah menyalurkan sebesar lebih dari Rp290 miliar dengan penerima manfaat sejumlah 57 juta jiwa. Satgas NU Peduli Covid-19 tersebar di 227.887 titik di 302 kota dan kabupaten di 32 provinsi.

“Tanpa bermaksud sombong, hanya NU-lah yang paling masif dan paling serius daripada ormas-ormas yang lain dalam menangani musibah Covid-19 ini. Silakan boleh dilihat dan dicek bahwa hanya ormas NU yang masif dalam melaksanakan pelayanan kemanusiaan ini,” tegasnya pada pembukaan Konferensi Besar (Konbes) NU yang berlangsung secara virtual, pada Rabu (23/9) pagi. 

Menurut dia, seluruh kinerja yang dilakukan Satgas NU Peduli Covid-19 terlaksana atas partisipasi dan kerja sama dari berbagai pihak. Terutama lantaran kekompakan dan kemandirian warga NU yang berkontribusi nyata dan ambil bagian dari gerakan penanggulangan musibah ini.

“Saya ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi setinggi-setingginya untuk seluruh kinerja Satgas NU Peduli Covid-19, lembaga, badan otonom, dan seluruh warga NU yang mendukung kerja kemanusiaan NU. Kita tidak boleh putus asa,” pungkasnya.

PWNU Jawa Barat mengikuti Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang digelar PBNU secara daring bertema Islam Nusantara dan Kemandirian Nu Untuk Peradaban Dunia itu dari kantor PWNU Jawa Barat, Jalan Terusan Galunggung, No 9, Kota Bandung.

Para pengurus yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Rais Syuriyah KH Nuh Addawami, Wakil Rais KH Abun Bunyamin, Katib Syuriyah KH Usamah Mansur, Ketua PWNU KH Hasan Nuri Hidayatullah, dan Sekretaris Asep S. Abdillah.

Pewarta: Abdullah Alawi