9 Cara Kekinian Agar Lebih Melek Finansial


Melek Finansial. Jika kamu merasa sama sekali buta tentang finansial, jangan khawatir karena kamu nggak sendirian.

Banyak orang Indonesia, terlebih anak muda, tidak terliterasi secara finansial dengan baik.

Mereka tidak tahu cara mengelola uang, apalagi memikirkan investasi dan rencana pensiun. Namun, ini semua belum terlambat, Toppers.

Jika kamu ingin lebih melek finansial, kamu masih punya banyak waktu. Lagipula, di zaman di mana teknologi finansial sudah maju seperti sekarang, kamu bisa meningkatkan pengetahuan finansial dengan mudah.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 9 cara kekinian agar kamu lebih melek finansial.

1. Ubah Cara Berpikirmu
Langkah pertama agar lebih melek finansial adalah dengan mengubah mindset atau cara berpikirmu. Hal ini penting dilakukan sebelum kamu mulai belajar.

Sebab, banyak orang terlalu fokus menjalani apa yang dihadapinya sekarang atas nama kebebasan dan kebahagiaan. Akibatnya mereka tidak punya rencana akan masa depan.

2. Komitemen
Luangkan waktu untuk meliterasi dirimu. Tingkatkan pengetahuan terkait investasi, pinjaman, asuransi hingga tabungan pensiun.

Mulailah belajar dari hal yang paling membuatmu tertarik. Yang paling penting, kamu juga harus komit dan fokus untuk meningkatkan pengetahuan finansialmu.

3. Akses Website/Blog/Portal Finansial

Bagi anak muda zaman sekarang, smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi.

Lewat ponsel, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari transaksi keuangan hingga mengakses informasi.

Nah, jika kamu ingin lebih melek finansial, pastinya kamu harus membaca informasi yang berkaitan dengan keuangan, investasi, bisnis, produk keuangan, dll.

Oleh karenanya, cobalah mencari website/blog/portal finansial yang terpercaya. Salah satu contoh blog finansial yang bisa kamu ikuti untuk meliterasi diri adalah blog Tokopedia.
Di sini kamu tidak hanya akan mendapatkan informasi seputar produk keuangan, tapi juga trik dan tips finansial.

4. Gunakan Tools Finansial

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu urusan finansialmu. Contohnya aplikasi perbandingan produk finansial, aplikasi pencatat dan analisa kesehatan finansial dan lain sebagainya.

Toppers tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang. Sebagian besar dari aplikasi finansial ini dapat kalian akses di Play Store maupun App Store.

5. Ikuti Seminar Finansial

Selain belajar sendiri, kamu juga bisa lebih melek finansial jika mengikuti seminar-seminar seputar keuangan.

Saat ini, tidak jarang seminar seputar finansial diadakan secara gratis. Cobalah akses portal event keuangan.

Pilihlah topik-topik seminar yang kamu sukai, misalnya seperti investasi untuk mahasiswa, cara mengelola keuangan keluarga dan lain sebagainya.

Selain menambah wawasan, kamu juga bakal bertemu dengan sesama peserta seminar. Gunakan kesempatan itu untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman seputar dunia keuangan.

6. Nonton Video tentang Finansial

Jika kamu memang tidak terlalu suka membaca, kamu bisa meliterasi dirimu dengan menonton video/film seputar finansial.

Di Youtube, banyak kok pilihan chanel financial yang memang diasuh oleh profesional di bidang keuangan.

Misalnya chanel Youtube milik Tung Desem Waringin, Merry Riana, Safir Senduk atau Prita Ghozie.

7. Baca Buku Agar Semakin Ahli

Blog, website atau video memang bisa meningkatkan pengetahuan finansialmu. Tapi, informasi atau topik yang diberikan sekian platform tersebut biasanya sangat terbatas.

Jika kamu lebih ingin advance di bidang keuangan, cobalah untuk membaca buku-buku seputar finansial.

Kamu tidak harus membeli buku jika memang tidak punya anggaran untuk itu. Kamu bisa memanfaatkan koleksi buku perpustakaan umum atau perpustakaan swasta di daerahmu.

8. Latihan Membuat Perencanaan Keuangan

Latihan melakukan perencanaan keuangan sangat diperlukan agar kamu bisa lebih melek finansial.

Buatlah perencanaan keuangan selama sehari. Latih dirimu untuk mengalokasikan uang belanja dan tabungan/investasi.

Lakukan review di akhir hari. Cek lagi pengeluaranmu selama sehari. Pastikan jika seluruh belanja telah sesuai dengan perencanaan yang kamu buat.

Jika sukses, lanjutkan membuat perencanaan keuangan selama sepekan. Jika kamu berhaisl tingkatkan terus menjadi sebulan dan seterusnya.

9. Waspada Bentuk Kejahatan Keuangan

Sebagai seorang pemula, kamu harus berhati-hati Toppers. Memang tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai topik keuangan atau bahkan mulai berinvestasi.

Namun, kamu harus sadar jika kejahatan keuangan makin marak. Yang paling sering memakan korban adalah penipuan berkedok investasi alias investasi bodong.

Jangan percaya dengan investasi yang mengimingi imbal hasil tinggi. Pelajari lebih dulu produknya dan konsultasikan dengan orang lain sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uangmu.