4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa


Secara keseluruhan, sebagai seorang mahasiswa mereka mampu mengotrol keuangan mereka sendiri. Mereka mengelola keuangan mulai dari kartu kredit, biaya hidup, dan lainnya. Terlebih lagi, bagi banyak mahasiswa tahun pertama kuliah mereka juga merupakan upaya pertama mereka dalam membuat anggaran. Dan bagi banyak siswa, kenyataan ini tidak selalu berjalan baik bagi mereka. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur kuangan sebagai seorang mahasiswa.

1.Mulailah dengan Penganggaran

Kedengarannya cukup sederhana, tetapi banyak remaja tidak tahu bagaimana cara menetapkan anggaran. Cobalah untuk memikirkan tentang perguruan tingga, biaya apa yang mereka keluarkan selama kuliah, seperti buku, makanan, perjalanan, hiburan dan lainnya. Lihatlah berapa banyak uang yang bisa mereka gunakan.

Setelah memiliki anggaran, dorong anak untuk melacak semua uang yang mereka belanjakan. Ini adalah cara teraman untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan untuk mengetahui pengeluaran uang tersebut setiap bulan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengindentifikasi apakah mereka menghabiskan terlalu banyak uang di satu bidang. Makan di luar terlalu sering adalah penyebab utama pengeluaran berlebihan di kalangan mahasiswa.

2.Tetapkan Anggaran yang Diberikan

Perjelas sejak awal tentang seberapa banyak dukungan finansial yang akan diberikan orangtua kepada anak. Misalnya jika Mom berniat untuk menutupi biaya kamar atau kos, tetapi mengharapkan mereka untuk menutupi pengeluaran seperti buku dan hiburan, diskusikan detail tersebut terlebih dahulu.

3.Tingkatkan Tabungan

Pada usia dini, penting untuk menanamkan pada remaja pentingnya menabung. Jika anak memiliki kerjaan sampingan selama kuliah, astikan mereka mencoba menghemat sebagian uang yang mereka hasilkan. Aturan praktis yang baik adalah menyimpan 5-10% dari semua uang yang mereka gunakan.

4.Makan di Rumah Atau Masak Sendiri

Biasanya siswa tinggal di asrama dengan akses paket makan di, atau makan di rumah akan lebih berhemat. Hasilnya mereka dapat menghemat uang untuk makan dan dialokasikan ke kebutuhan yang penting lainnya. Tetapi banyak mahasiswa menghbiskan sebagian besar uang mereka untuk makan di luar bersama teman. Ajarkan anak untuk makan di rumah atau mungkin ia belajar untuk membuat hidangan sendiri. Ini terbukti dapat menekan jumlah pengeluaran mereka.

Pastikan anak memiliki keterampilan keuangan dasar dan memahami pentingnya memperhatikan kebiasaan belanja dan menabung dengan serius. Dengan bimbingan dan praktik, mereka akan menjadi melek finansial.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik