Tukar di pintar.bi.go.id tak Jelas, Uang Baru Jadi Spekulasi

Masyarakat yang ingin mendapatkan harus lebih bersabar. Pasalnya, jadwal penukaran uang ini di situs pintar.bi.go.id penuh sampai 3 September 2020 mendatang.
Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan, dari 46 kantor BI di seluruh Indonesia, 97% atau 39 kantor sudah penuh slot penukarannya.

"Memang ada beberapa kantor BI yang masih kosong (penukaran uang). Ada 3% lagi," kata dia melalui briefing virtual, Selasa (18/Masyarakat yang ingin mendapatkan harus lebih bersabar. Pasalnya, jadwal penukaran uang ini di situs pintar.bi.go.id penuh sampai 3 September 2020 mendatang.
Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan, dari 46 kantor BI di seluruh Indonesia, 97% atau 39 kantor sudah penuh slot penukarannya.

"Memang ada beberapa kantor BI yang masih kosong (penukaran uang). Ada 3% lagi," kata dia melalui briefing virtual, Selasa (18/8/2020).

Artinya masih ada 7 kantor perwakilan (KPw) BI yang masih bisa untuk melakukan penukaran uang edisi khusus tersebut. Oleh karenanya, masyarakat yang ingin mendapatkan uang edisi khusus ini bisa melakukan penukaran ke 7 KPw ini.

"Ada di Sibolga, Papua, Papua Barat, Lhokseumawe, Ternate, Gorontalo dan Mamuju," ujarnya.

Baca: Kantor BI Ini Masih Ada Slot Penukaran Uang Baru Rp 75.000
Meski demikian, ketika CNBC Indonesia mengecek jadwal pemesanan di 7 KPw tersebut melalui pintar.bi.go.id ternyata jadwalnya sudah penuh sampai 3 September 2020.

Adapun, jadwal penukaran untuk seluruh KPw Bank Indonesia untuk tangga 4 September dan seterusnya belum tersedia hingga saat ini.

Uang baru BI ini harga jualnya sudah melambung tinggi di beberapa e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak, yang dipengaruhi motif spekluasi.

Di e-commerce Bukalapak, uang pecahan Rp 75.000 dijual seharga Rp 50 juta oleh Pelapak dengan nama aku Ridho Rizki Darmawan. Barang yang ditawarkan hanya satu lembar.

Ia mendeskripsikan uang edisi khusus ini sebagai barang original, mulus, masih dalam plastik bawaan dari Bank Indonesia.

Di e-commerce Shopee, uang edisi khusus Rp 75.000 dijual pemilik akun celestial77 seharga Rp 1,375 juta. Ia mengklaim memiliki uang baru ini sebanyak dua lembar.

Ia menyebut uang edisi khusus Rp 75.000 sebagai barang langka (rare item) dan siapa yang cepat maka dia yang mendapatkannya.