Silakan Cek Rekening, Sri Mulyani Sebut BLT Pekerja Rp600.000 Cair Hari Ini

JAKARTA - Pemerintah memastikan segera mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta. Adapun bantuan ini masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) menyebutkan dana BLT sebesar Rp600 ribu telah disalurkan pada hari ini untuk penyaluran pertamanya.

"Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan permenakarnya dan Dipa sudah diterbitkan sehingga mulai 24 Agustus ini sudah mulai bisa disalurkan tahap pertamanya," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Dia melanjutkan BLT Rp600 ribu ini akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja anggota BPJS Ketenagakerjaan yang pendapatannya di bawah Rp5 juta. Serta yang terdaftar di dalam Jamsostek.

"Jadi yang udah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2020 dan telah memiliki nama dan nomor rekening," jelasnya.

Dia menambahkan bantuan BLT ini memakan anggaran sebesar Rp37,87 triliun. Adapun nantinya akan ditransfer sebanyak empat kali selama 4 bulan mendatang.

"Bantuannya adalah sama standar Rp600.000 per bulan untuk 4 bulan, untuk ini dilakukan transfer langsung dalam dua kali penyaluran," tandasnya.

(rzy)

EKOZONE