Latih Jiwa Entrepreneur Ojol, Serahkan Platform Ke URC Satmata

Setelah mengembangkan Gresikbaik.com sebagai komunitas sosial anak muda di Gresik, kini Rachmad Rofik mempersembahkan aplikasi GoGresik. Saat ini, GoGresik dikelola URC Satmata yang merupakan komunitas ojek online (ojol) dari berbagai platform yang memiliki semangat dan itikad baik untuk membantu sesama.


3.000 driver siap dikerahkan untuk mobilisasi ketenagakerjaan secara online dengan platform GoGresik. Hal itu karena 100 persen keuntungan diberikan pada driver.

“Saya sudah menyerahkan platform aplikasi GoGresik ke Unit Reaksi Cepat (URC) Satmata,” kata Rofik ditemui di salah satu warung, Jumat, 5 Juni 2020.


Rofik menambahkan, dengan dikelola URC Satmata, dapat  meningkatkan taraf hidup dan ekonomi para ojek online.


“Tujuan utamanya, membantu kemandirian berusaha, melatih jiwa entrepreneurship dan meningkatkan pendapatan dengan skalabilitas yang lebih besar,” kata dia.


Menurut dia, para pekerja ojek online tersebut diberikan peluang dan kesempatan untuk menjadi lebih leluasa mengelola aplikasi seakan menjadi milik mereka sendiri.


Mereka diajari menjadi entrepreneur. Hal itu karena untuk mengubah taraf ekonomi dan kehidupan yang lebih baik yang awal sekali perlu diubah adalah mindset.


Mindset hanya sebagai pekerja menjadi entrepreneur. Mindset meng-create manfaat dan mem-produce value yang pada gilirannya akan otomatis penghasilkan pendapatan itu sendiri. Mindset keberlimpahan dari mindset kemiskinan. 


"Negara dinamakan maju jika komposisi penduduknya banyak melahirkan dan bekerja sebagai pengusaha (entrepreneur). Era pandemi membuka jalan seluas- luasnya untuk meningkatkan skill di bidang digital konten dan aplikasi dan mencetak pengusaha-pengusaha  digital baru," ucap dia.


GoGresik dan Epasarkita.com (platform marketplace lokal) adalah salah satu kontribusi dan solusi dari Gus Fik untuk meningkatkan angka entrepreneurship di kota santri Gresik.


"Semoga niat dan upaya baik ini mendapatkan gayung bersambut positif dari warga Gresik yang berjumlah kurang lebih 1,5 juta jiwa," harap Rofik. 


Sementara itu, salah satu anggota URC, Fuzy Agus Riyanto, 27, berterima kasih dan sangat bermanfaat sekali aplikasi ini. "Semoga kedepan semakin meningkat manfaatnya untuk seluruh masyarakat Gresik," tambah dia.


Kurir dan driver swasta, Oesman (49) menambahkan sangat bersyukur atas hibah platform digital yang luar biasa ini


"Kami bersyukur, karena bisa bekerja online dengan aplikasi GoGresik karya lokal asli warga Gresik yang dipelopori oleh founder Gresikbaik.com Gus Fik," ungkapnya.

radar