Cara Beli Kuota Internet Belajar Online Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Langit Senja belajar secara daring di rumah di Depok, Kamis (4/6/2020). Meski Kota Depok bersiap memasuki fase PSBB proporsional pada 5 Juni 2020, sebagai transisi menuju normal baru namun kegiatan sekolah di tempat belum akan dibuka.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Kegiatan belajar mengajar dari rumah masih berlangsung hingga paruh kedua tahun 2020. Sebagian besar siswa dan guru pun harus melangsungkan belajar daring atau online karena pandemi yang belum usai.

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar daring, beberapa operator seluler di Indonesia menyediakan kuota belajar online dengan harga murah.

Adapun tiga operator tersebut adalah TelkomselXL AxiataAxis, dan Tri. Berikut daftar kuota belajar online dan cara membelinya:

1. Telkomsel

Bulan Juli lalu, Telkomsel meluncurkan paket belajar online dengan harga murah. Kini, operator pelat merah itu merilis lagi Kuota Belajar 10 GB dengan harga Rp 10.

Berbeda dengan bulan Juli lalu, paket kali ini merupakan gabungan dua paket, yaitu Paket Ilmupedia dan Conference.

Artinya, pengguna bisa menikmati sejumlah aplikasi belajar daring seperti Zenius, Rumah Belajar, dan Quipper, sekaligus mengakses aplikasi konferensi, seperti Zoom, CloudX, Microsoft Teams, hingga Google Classroom.

Paket Kuota Belajar bisa didapatkan mulai 21 Agustus - 31 Desember 2020 di aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#.

2. XL Axiata

XL Axiata tak mau ketinggalan menawarkan paket khusus untuk belajar online. Ada dua paket yang ditawarkan yakni Xtra Conference dan Xtra Edukasi.

Paket Xtra Conference memiliki tiga pilihan, mulai dari paket 2 GB seharga Rp 2.000 masa berlaku 1 hari, kuota 5 GB seharga Rp 4.000 masa berlaku 3 hari, dan kuota 15 GB seharga Rp 10.000 masa berlaku 7 hari.

Dengan paket ini, pengguna bisa mengakses platform konferensi video seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom. Sementara paket Xtra Edukasi juga menawarkan tiga opsi.

Mulai dari kuota 2 GB seharga Rp 1.000 masa berlaku 1 hari, kuota 5 GB seharga Rp 2.500 masa berlaku 3 hari, dan kuota 15 GB seharga Rp 15.000 masa berlaku 7 hari.

Paket ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi belajar daring, seperti Ruangguru, Zenius, atau Sekolahmu serta laman resmi Kemendikbud dan Spada Indonesia.

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan paket Xtra Edukasi untuk mengakses program materi kuliah online di 39 universitas negeri dan swasta. Daftar universitas dan pembelian paket bisa dilakukan di aplikasi myXL dan situs resmi xl.co.id. Paket bisa dibeli mulai 1 Juli dan masih berlaku hingga saat ini.

Ilustrasi Google Classroom(Shutterstock)

3. Axis

Pelajar dan mahasiswa pengguna kartu Axis juga bisa menikmati kuota belajar khusus dengan harga terjangkau. Ada dua paket yang ditawarkan yakni paket Axis Boostr Edukasi dan Boostr Conference.

Paket tersebut memiliki tiga pilihan, mulai dari kuota 2 GB per hari seharga Rp 800, kuota 5GB seharga Rp 2.900 masa aktif 7 hari, dan kuota 15 GB seharga Rp 8.900 masa aktif 7 hari.

Khusus paket Boostr Edukasi bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Udemy, Ruangguru, Zenius, Sekolahmu, dan halaman resmi Kemendikbud.

Sementara paket Boostr Conference yang dibanderol dengan harga sama dengan Boostr Edukasi, bisa digunakan untuk akses aplikasi konferensi, seperti Zoom, Google Meet, hingga Google Classroom.

Pengguna kartu Axis bisa membeli paket ini melalui aplikasi AXISnet.

4. Tri (3 Indonesia)

Pelanggan Tri juga bisa mendapatkan tambahan kuota untuk mengakses aplikasi belajar daring hingga 30 hari melalui paket AlwaysOn. Kuota belajar tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom.

Per harinya, pengguna akan mendapat jatah kuota hingga 1 GB per hari dengan FUP 33 MB yang akan diperbarui setiap harinya hingga masa aktif kuota berakhir.

Pengguna bisa mendapatkan paket ini dengan membeli kuota AlwaysOn dan perdana di aplikasi Bima Plus atau nomor USSD *123*5*4#.

Bisa juga dibeli di 3Store dan gerai retail operator terdekat. Paket belajar akan otomatis terpasang setelah berhasil kuota diaktifkan. Info selengkapnya bisa mengunjungi https://tri.co.id/alwayson.

kompas.com