1.014 UMKM Gresik Diusulkan Terima Bantuan Rp 2,4 Juta

Salah satu pedagang kecil UMKM di Pasar Baru Gresik. (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

Gresik—Seribuan pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik diusulkan menerima bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan tersebut digelontor dari pemerintah pusat senilai Rp 2,4 juta.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Perdagangan Kabupaten Gresik Agus Budiono mengatakan, sebanyak 1.014 pegiat UMKM telah diusulkan mendapatkan stimulus bantuan dampak covid-19.

“Sesuai surat proposal yang dikirim langsung Kementerian Koperasi dan UMKM ada 1.014 calon penerima dari Gresik yang diusulkan mendapatkan bantuan, ” katanya, Kamis (27/8/2020).

Agus menjelaskan, di Kabupaten Gresik dibatasi 2.000 UMKM yang berhak menerima bantuan. Dinas juga telah melakukan pendataan. Hanya saja, untuk kapan penyaluran bantuan tersebut sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah pusat.

Adapun syarat penerima bantuan UMKM ini, menurut Agus, calon penerima tidak memiliki pinjaman di bank. Punya rekening di bank dan saldonya harus kurang dari Rp 2 Juta per bulan Juni 2020.

“Kami hanya memfasilitasi,  stimulus bantuan UMKM Gresik sudah kami usulkan ke pusat, dan yang memutuskan berhak mendapatkan bantuan, yakni dari pusat. Ada sekitar 500-600 yang sudah lolos verivikasi dari pusat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat memberikan stimulus bantuan kepada UMKM yang terdampak Covid-19. Hal ini sebagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Bantuan ini langsung masuk ke rekening penerima bantuan