10 Manfaat Teh Hijau, Menurunkan Berat Badan hingga Memperpanjang Usia

Merdeka

Teh hijau sudah lama diketahui sebagai salah satu jenis minuman paling menyehatkan bagi tubuh. Terdapat berbagai manfaat teh hijau yang bisa kamu peroleh usai mengonsumsinya.

Teh hijau ini merupakan salah satu jenis teh yang disebut paling menyehatkan dibanding teh lain. Minuman ini sendiri juga merupakan minuman yang sangat familiar dengan orang Indonesia.

Sangat mudah bagi kita untuk menemukan teh ini dan mengonsumsinya setiap hari. Oleh karena itu, manfaat teh ini bisa sangat mudah kita peroleh sehari-hari.

Kandungan berbagai nutrisi yang ada di dalam teh hijau menjadikannya sangat bermanfaat. Hal ini bakal semakin meningkat ketika kamu mengonsumsinya secara rutin.

Mengonsumsi teh hijau ini bisa memberi sejumlah manfaat kesehatan pada tubuhmu. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat teh hijau yang bisa kamu peroleh.

Memiliki Kandungan Bioaktif Menyehatkan

Teh hijau memiliki berbagai manfaat kesehatan luar biasa di dalamnya. Minuman ini memiliki polifenol yang bisa mengurangi peradangan serta melawan kanker.

Selain itu terdapat banyak antiosidan yang bisa melawan berbagai radikal bebas yang mengancam tubuh. Kandungan mineral juga bisa diperoleh dari teh hijau ini bagi kesehatan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi teh hijau bisa membuatmu menjadi terjaga dan meningkatkan fungsi otak. Kandungan kafein di dalam teh hijau merupakan penyebabnya menjadi stimulan tanpa membuatmu sulit tidur.

Terdapat kandungan asam amino L-theanine pada teh hijau yang bisa bekerja secara sempurna dengan kafein. Kandungan ini bisa sangat membantu dalam membuat otak berfungsi dengan baik secara maksimal.

Membakar Lemak secara Optimal

Pada sejumlah suplemen yang bisa membakar lemak, kandungan teh hijau mungkin terdapat di dalamnya. Sebuah penelitian mengungkap bahwa teh hijau bisa meningkatkan pembakaran lemak serta tingkat metabolisme.

Kandungan kafein di dalamnya juga bisa meningkatkan performa fisik terutama pada saat berolahraga. Hal ini bisa membantu upaya untuk membakar lemak terjadi secara optimal.

Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu kandungan paling luar biasa dari teh hijau adalah antioksidan. Hal ini diketahui bisa membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan termasuk kanker.

Untuk membuanya semakin optimal, disarankan untuk menghindari mencampur teh dengan susu. Campuran dari dua hal ini malah bisa membuat kandungan antioksida di dalamnya jadi menghilang.

Melindungi Otak dari Penuaan

Teh hijau tidak hanya bermanfaat pada otak untuk jangka pendek semata. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan perlindungan otak seiring bertambahnya usia.

Beberapa penyakit seperti Alzheimer's, demensia, dan Parkinson's bisa dihindari dengan cara konsumsi teh hijau. Oleh karena itu, minuman ini bisa berdampak positif pada otak baik dalam jangka pendek maupun panjang.


Kandungan katekin yang terdapat dalam teh hijau diketahui bisa bermanfaat terhadap kesehatan mulut. Penelitian menyebut bahwa katekin bisa menekan pertumbuhan bakteri dan risiko infeksi.

Bakteri di mulut bisa ditekan jumlahnya sehingga tidak memunculkan bau napas tak sedap. Mengonsumsinya terutama dalam kondisi tanpa gula bisa mencegah pertumbuhan dan penumpukkan bakteri ini.

Mencegah Diabetes Tipe-2

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang banyak orang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tingkat gula darah.

Manfaat menurunkan tingkat gula darah pada eh hijau ini tidak hanya terjadi secara sekejap saja. Hal ini juga bisa mencegah risiko penyakit ini dalam jangka panjang.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia. Hal ini rupanya bisa dihindari dengan konsumsi teh hijau ini.

Teh hijau bisa membantu menurunkan jumlah kolesterol total dan LDL. Hal ini secara langsung bisa berdampak positif pada seseorang dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Berat Badan

Secara singkat, teh hijau bisa meningkatkan metabolisme seseorang. Oleh karena itu, secara jangka panjang, hal ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa teh hijau bisa membantu menurunkan lemak tubuh terutama di sekitar perut. Oleh karena itu, minuman ini sangat cocok dikonsumsi terutama ketika kamu hendak menurunkan berat badan.

Memperpanjang Usia

Seperti sudah diketahui sebelumnya, kandungan dari teh hijau bisa melindungi seseorang dari kanker dan penyakit jantung. Dengan kata lain, hal ini bisa sangat membantu hidup lebih lama.

Berbagai manfaat sehat yang ada di dalam teh hijau ini bukan ham yang bisa dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsinya secara rutin demi manfaat sehat di dalamnya.

Manfaat menurunkan berat badan dan otak yang lebih baik juga bermanfaat untuk membuat seseorang lebih bugar. Hal ini bisa membantu dalam mencegah masalah lebih lanjut. (mdk/RWP)

Reporter : Rizky Wahyu Permana


MDK