Solusi Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Garda terdepan daripada pandemi ini adalah masyarakat. Solidaritas sosial yang kuat dan matang. Tidak saling menyalahkan, ibarat satu tubuh yang saling melindungi dan menjaga.


Untuk itu, kita perlu mengingat petuah ampuh bapak kedokteran dunia, Ibnu Sina. Avicenna (980-1037). Kepanikan adalah separuh penyakit. Ketenangan adalah separuh obat. Kesabaran adalah awal dari kesembuhan.


Ibaratnya lari marathon kita tidak sedang berlari cepat untuk segera sampai finish.  Namun, seberapa kuat kita bisa bertahan untuk bisa sampai ke garis finish dengan sehat wal afiat. 


Upaya menurunkan kurva jumlah kasus baru Covid-19 berdampak pada perekonomian, terutama akibat penerapan karantina wilayah dan pembatasan mobilitas. Hal itu bukan sesuatu yang harus diperdebatkan dalam situasi sekarang. 


Dengan kebijakan kesehatan masyarakat untuk membatasi penularan Covid-19. Kesehatan didahulukan untuk mencegah sistem kesehatan tidak runtuh akibat kewalahan menangani pasien.


Orang yang sakit tidak dapat berproduksi. Seperti yang dikatakan Menteri Keuangan Italia Roberto Gualtieri, ‘tak ada yang harus kehilangan pekerjaan karena virus Corona. 


Alberto Alesina dari Universitas Harvard dan Francesco Giavazzi dari Universitas Bocconi juga menyatakan jika ada yang kehilangan pekerjaan, maka pendapatan mereka akan dijamin hingga mendapatkan pekerjaan baru 


Anggaran Covid-19 yang besar harus bisa digunakan sebagai kekuatan optimal untuk tetap memberikan income dengan cara dan sistem yang benar dan siap dijalankan. Selama sistem yang dijalankan ini didukung penuh oleh institusi dan pemerintah daerah dan pusat.


Para pedagang daring mata uang global Euro dan Dollar tetap bisa mendapatkan inkam dari carut marutnya pandemi ini. Pelayanan mitigasi risiko dan tata kelola anggaran keuangan yang transparan agar tepat sasaran pada yang membutuhkan.


Pengalaman dalam wahana industri keuangan berbasis mata uang digital dan currency menjadikan saya tergerak untuk ingin turut memberikan kontribusi keterampilan digital langka ini guna membantu inkam semua lapisan masyarakat. 


Bukan hanya sekali beri bantuan, lalu selesai, namun bahkan manfaat ini bisa dirasakan lebih jauh, lebih panjang, sistem ini tetap bisa diberlakukan untuk terus meningkatkan inkam masyarakat, baik di saat, maupun pasca pandemi.


Sistem yang terintegrasi dengan tata kelola keuangan dunia global, tidak hanya lokal, yang mampu beradaptasi terhadap gejolak ekonomi dunia akibat pandemi korona.


Sistem yang dijalankan oleh George Soros, Warren Buffet, Larry R Williams, dan semua pedagang daring mata uang di seluruh dunia. Bergerak lokal berpikir global. 


Sebagai pamungkas, ikhtiar kita semoga diridhoi oleh Tuhan Pencipta Alam Semesta. Perbanyak berzikir agar menambah ketenangan, dan memancarkan aura positif berpendar dan meningkatkan imunitas tubuh.


Kejernihan hati dan pikiran akan menerbitkan solusi dan kreatifitas penyelesaian masalah yang lebih matang dan terang benderang.

radarsby